BAZNAS Tanggap Bencana Bantu Korban Banjir di Desa Sondoang Mamuju

Tim BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Mamuju Tengah menerjunkan lima personel untuk melakukan respons cepat banjir bandang yang terjadi di Desa Sondoang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (4/9).

Sesampainya di lokasi banjir, tim BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Mamuju Tengah melakukan asesmen dan koordinasi dengan pemerintah serta BPBD setempat. Selanjutnya tim melakukan aksi resik desa membersihkan sisa lumpur yang merendam rumah warga, serta akses jalan. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi, BAZNAS mendistribusikan paket sembako bagi para penyintas banjir.

Sebelumnya hujan lebat mengguyur Desa Hulu, pegunungan Sondoang yang mengakibatkan air meluap, menyebabkan banjir disertai lumpur yang merendam jalan dan beberapa rumah warga. Banjir berdampak pada lima dusun di Desa Sondoang, yaitu Dusun Salukaha, Palado, Rantedango, Kasso, dan Bateng Barana. Sebanyak 263 KK terdampak dan sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Beberapa fasilitas umum terendam seperti kantor desa, sekolah, dan pustu. Satu sekolah dasar di Bateng Barana hanyut terbawa arus banjir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us