BAZNAS Tanggap Bencana Salurkan Logistik untuk Dapur Umum dan Makanan Siap Saji Korban Gempa Tojo Una-una

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Tojo Una-una mengerahkan 5 personel untuk merespon akibat gempa bumi bermagnitudo 5,8 yang mengguncang Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, pada Kamis (26/8).

BAZNAS melakukan assesmen dan koordinasi dengan kepala desa dan BPBD setempat. Setelah itu BAZNAS Tanggap Bencana mendistribusikan logistik untuk dapur umum dan makanan siap saji untuk memenuhi kebutuhan pangan para penyintas gempa.

Gempa tersebut mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan seorang lainnya luka ringan. Selain korban jiwa, gempat juga mengakibatkan 25 rumah rusak ringan, 1 rumah rusak sedang, dan 2 rumah rusak berat. Beberapa fasilitas umum juga terdampak seperti robohnya pagar lapangan sepak bola, rubuhnya pagar dan bangunan RSUD Ampana, dan Pasar Modern Ampana.

Menurut BNPB, Parameter gempa menunjukkan pusat gempa terjadi 59 km timur laut Tojo Una Una dengan kedalaman 10 km. Titik gempa ini berada di laut. Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. Sedangkan gempa yang terjadi pada Senin pagi, pukul 10.52 WIB, pusat gempa berada 55 km timur laut Tojo Una Una dengan kedalaman yang sama, 10 km.

Saat ini warga sudah mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman dari lokasi terjadinya gempa. Beberapa posko pengungsian telah didirikan diantaranya di Desa Labuan (Pemancar TVRI), Rumah Jabatan Bupati, dan Desa Padang Tumbuo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us