BAZNAS Aktifkan Kampung Tanggap Bencana Corona di Banten

Wabah Covid-19 masih menjadi perhatian utama dunia. Berbagai upaya pencegahan terus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia salah satunya adalah dengan mengaktifkan Kampung Tanggap Bencana sebagai Kampung Siaga Covid-19. Sebelumnya, BAZNAS Tanggap Bencana telah membentuk 16 Kampung Tanggap Bencana yang tersebar di 12 Provinsi di Indonesia.

Kampung Tanggap Bencana tersebut telah membentuk Pokja yang berfungsi sebagai satgas untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat kampung setempat dalam menghadapi bencana.

Salah satu Kampung Tanggap Bencana yang telah melakukan upaya pencegahan Covid-19 adalah Kampung Tanggap Bencana Cibungur yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pokja Kampung Tanggap Bencana Cibungur secara swadaya melakukan aksi penyemprotan desinfektan di fasilitas publik seperti masjid dan sekolah di sekitar Desa Cibungur.

Penyemprotan desinfektan dilakukan dengan memanfaatkan mesin semprot pertanian yang umumnya sudah dimiliki oleh masyarakat Desa Cibungur yang berprofesi sebagai petani. Sedangkan cairan desinfektan yang digunakan terdiri dari campuran cairan pemutih pakaian, karbol dan air bersih. Informasi pencampuran cairan desinfektan ini diperoleh dari tim BAZNAS Tanggap Bencana.

Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan COVID-19, aksi penyemprotan desinfektan yang juga dilakukan ke rumah warga juga disertai dengan himbauan dan sosialisasi kepada warga untuk senantiasa rajin menjaga kebersihan diri dan menghindari kegiatan berkumpul bersama. Himbauan untuk rajin mencuci tangan juga diwujudkan dengan membuat sejumlah wastafel sederhana dari ember bekas dan ditempatkan di depan rumah.

Selain itu, pokja Kampung Tanggap Bencana bersama Puskesmas setempat juga melakukan pendataan terhadap warga pendatang yang baru saja tiba di Desa Cibungur. Para pendatang ini akan dipantau secara intensif oleh pihak puskesmas untuk mengantisipasi adanya pendatang yang terinfeksi COVID-19. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Pokja Kampung Tanggap Bencana Cibungur ini merupakan ikhtiar masyarakat untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah Desa Cibungur.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by