BAZNAS Tanggap Bencana Bentuk Kampung Tanggap Bencana di Sukabumi

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tanggap Bencana Jawa Barat beserta BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Sukabumi membentuk Kampung Tanggap Bencana di Kampung Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (28/3).

Proses pembentukan masih berlangsung secara bertahap dan rencananya akan selesai satu bulan ke depan. Tim BAZNAS Tanggap Bencana berkoordinasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, seperti BPBD Kabupaten Sukabumi, pejabat pemerintah setempat, tokoh masyarakat, dan warga sekitar.

Materi pelatihan yang diberikan antara lain tentang sejarah bencana yang ada di kampung tersebut, bagaimana memetakan wilayah yang ada, mengenal tentang dasar manajemen bencana, pertolongan pertama, diskusi kelompok (Focus Grup Discussion) dan sebagainya.

Materi-materi yang diberikan akan diolah menjadi sebuah rencana kontingensi dan rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh para warga.

Di dalam pelatihan ini juga output yang diharapkan adalah warga setempat dapat lebih siap jika sewaktu-waktu bencana kembali melanda daerah mereka. Tentunya dengan rencana yang telah disusun bersama dengan kelompok kerja yang dibentuk dalam pelatihan ini. Ini merupakan Kampung Tanggap Bencana ke 17 inisiasi BAZNAS yang tersebar di seluruh Indonesia.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by