BAZNAS Goes to School: Edukasi Kesiapsiagaan COVID-19 di Sekolah

Dalam upaya pengurangan risiko terhadap bencana wabah infeksi COVID-19 BAZNAS Tanggap Bencana melakukan kegiatan edukasi kesiapsiagaan COVID-19 serta mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. Kegiatan ini merupakan bagian dari program BAZNAS Tanggap Bencana Goes to School dengan tema khusus.

Dalam kegiatan ini tim BAZNAS Tanggap Bencana memberikan informasi seputar infeksi COVID-19 seperti cara penyebaran, gejala dan cara pencegahan kepada peserta didik. Dalam hal ini, untuk mencegah terpaparnya infeksi COVID-19 dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti konsumsi makanan yang bergizi seimbang, mencuci tangan dan berwudhu dengan baik dan benar.

Selain memberikan edukasi, tim BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan sekolah untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

Kegiatan edukasi kesiapsiagaan COVID-19 dan PHBS ini telah dilaksanakan pada tiga sekolah di wilayah Jabodetabek dan masih akan terus dilakukan di sekolah-sekolah lainnya yang membutuhkan. Pemilihan sekolah sebagai lokasi yang efektif untuk melakukan edukasi kesiapsiagaan tidak terlepas dari fakta bahwa anak-anak merupakan kelompok rentan dan sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan untuk beraktivitas di sekolah.

Penerapan PHBS di sekolah dinilai penting karena selain manfaat penerapan PHBS dalam kebiasaan sehari-hari, juga dapat mencegah kerentanan timbulnya penyakit. Penerapan PHBS juga dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah, karena lingkungan yang bersih dan nyaman.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by