BAZNAS Tanggap Bencana Distribusikan Bantuan kepada Penyintas Kebakaran Kilang Minyak Balongan di Indramayu

Tim BAZNAS Tanggap Bencana memberikan layanan kemanusiaan kepada warga terdampak kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Aksi itu dilakukan di dua titik lokasi pengungsian, yakni di gedung olahraga milik Pertamina dan lapangan futsal yang letaknya tidak jauh dari gedung olahraga.

Di lokasi pengungsian BAZNAS berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Indramayu dan membuka membuka layanan dapur air, mendistribusikan selimut, dan mendistribusikan masker, agar para pengungsi mematuhi protokol kesehatan selama pandemi. Ke depan, bantuan yang diberikan adalah alas untuk tidur yang dirasa mendesak untuk kebutuhan pengungsi.

Sekadar informasi, kebakaran kilang Pertamina Balongan terjadi pada Senin (29/3) dini hari, dimana sebelumnya dari penuturan warga sekitar lokasi mencium bau yang sangat menyengat pada Minggu (28/3) malam.

Beberapa jam kemudian warga mendengar dentuman yang sangat keras disertai api yang membakar tangki kilang Pertamina Balongan.

Akibat kebakaran kilang Pertamina Balongan, seribuan warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman. Kebakaran itu juga menyebabkan 29 luka ringan dan enam lainnya luka berat. Kebakaran juga berdampak pada lima desa di sekitar lokasi kilang, seperti di Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip, dan Desa Tegalurung.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by