BAZNAS Tanggap Bencana Gelar Pelatihan Relawan National Disaster Response Class (NDRC) 2020

BAZNAS melaksanakan pelatihan relawan secara daring pada Bulan Juli- Agustus 2020. Pelatihan daring bertema “National Disaster Response Class 2020” bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan BAZNAS dalam  penanggulangan bencana di masing-masing daerah. National Disaster Respon Class diikuti oleh 19 Provinsi yang terdiri dari 89 kabupaten/kota dengan total peserta 351 peserta.

Pelatihan ini dibagi dalam dua tahap yaitu stadium general dan kelas pelatihan. Peserta mengikuti stadium beneral oleh lima narasumber yaitu Eny Supartini (Direktur Kesiapsiagaan BNPB), Irfan Syauqi Beik (Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS), Ahmad Fikri (Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS), Dian Aditya Mandana Putri (Kepala Program BAZNAS Tanggap Bencana), dan Taufiq Hidayat (Wakil Program BAZNAS Tanggap Bencana).

Pada kelas pelatihan, terdapat lima materi yang mencakup pelatihan kaji cepat, video reporting, fotografi bencana, pengelolaan data dan informasi serta materi rencana kontijensi. 

Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Eny Supartini mengatakan “Pemerintah tidak bisa bertindak sendiri dalam kondisi darurat, kita membutuhkan supporting secara pentahelix, salah satunya adalah masyarakat. Yang mana 95% bencana yang bersifat lokal penanganan awal ada di masyarakat”.

Melalui acara pelatihan ini diharapkan para peserta mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam upaya penanggulangan bencana di daerah mereka masing-masing secara profesional.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by