BAZNAS Tanggap Bencana Imbau Relawan Tingkatkan Kewaspadaan Cegah Penyebaran Covid-19

Pada awal bulan Maret ini, kasus infeksi COVID-19 telah terdeteksi di wilayah Indonesia. Hal ini diketahui dari dua orang warga negara Indonesia yang dilaporkan positif infeksi COVID-19. Penyebaran virus COVID-19 tergolong cepat karena COVID-19 dapat menular melalui bersin atau batuk.

Menanggapi kejadian ini, BAZNAS Tanggap Bencana menyerukan kepada masyarakat khususnya kepada para relawan kemanusiaan untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi penyebaran COVID-19. Pasalnya relawan kemanusiaan sebagai orang yang banyak melakukan kontak dan interaksi dengan berbagai masyarakat yang membutuhkan bantuan haruslah memperhatikan aspek keselamatan diri.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi penyebaran virus COVID-19, terdapat beberapa tindakan yang dapat diterapkan oleh relawan kemanusiaan baik saat berada di kantor maupun saat bertugas di lapangan.

Kesiapsiagaan di lingkungan kantor :

  1. Diharap dapat menangguhkan perjalanan menuju negara terjangkit virus COVID-19.
  2. Selalu menerapkan pola hidup sehat seperti cuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi makanan bergizi, selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rajin mengkonsumsi rimpang yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Jika mulai menunjukkan gejala influenza segera gunakan masker dan melakukan pemeriksaan di klinik atau puskesmas terdekat.
  4. Menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer berbahan alkohol 70% di titik-titik strategis, meningkatkan kebersihan di tempat-tempat yang sering terpegang tangan seperti meja, rel tangga dan tombol lift.

Kesiapsiagaan di Lapangan :

  1. Selalu menyediakan handsanitizer berbasis alkohol 70% di semua kendaraan rescue
  2. Menggunakan dan menjaga kebersihan alat perlindungan diri ketika melakukan kegiatan di lapangan
  3. Melakukan cuci tangan 5 tahap sebelum dan sesudah melakukan kegiatan lapangan baik latihan, penyelamatan, maupun kegiatan lapangan lainnya.
  4. Istirahat yang cukup Dan asupan makanan yang bergizi selama bertugas di lapangan
  5. Selalu menjaga kebersihan lingkungan selama bertugas di lapangan
  6. Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya

Seluruh tindakan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh relawan kemanusiaan BAZNAS Tanggap Bencana sehingga tetap mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan sekaligus mencegah penyebaran COVID-19.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by