Blog

BAZNAS Tanggap Bencana Gelar Program Duta Santri Siaga Guna Mitigasi Bencana di Pesantren

BAZNAS Tanggap Bencana Republik Indonesia bekerja sama dengan 10 BAZNAS Tanggap Bencana daerah melaksanakan program Duta Santri Siaga, yang akan dilaksanakan pada 22 Maret 2021-9 April 2021. Program ini bertujuan untuk implementasi pendidikan kebencanaan di pondok pesantren guna meningkatkan kesiapsiagaan pesantren.

Terdapat 10 pesantren yang ikut serta dalam pelatihan ini, yaitu PP Modern Subulus Salam Kota Tegal, PP Binaul Ummah Kabupaten Bantul, PP Darul Quran Kabupaten Sragen, PP Al ikhlas Jambar Kabupaten Kuningan, PP Al Ittihad Darunnajah Kabupaten Trenggalek, PP Sunni Darussalam Kabuapten Sleman, PP Manarul Quran Kabuapten Lumajang, PP Al Jawahir Kabupaten Bandung, PP Al Mustafa Kota Serang, dan PP Nurul Dzolam Kabaupaten Lebak.

Bentuk kegiatan program ini adalah berupa pelatihan kepada 10 santri per pesantren guna memberikan pengetahuan dan kapasitas kebencanaan serta simulasi mandiri melatih kesiapsiagaan pesantren. Materi yang diberikan berupa kajian risiko, rencana aksi, pembuatan peta evakuasi, sistem peringatan dini , pembuatan protokol kesehatan COVID19 tingkat pesantren serta skenario simulasi.

Para santri nantinya akan menjadi pioner sekaligus tutor sebaya dalam edukasi pendidikan kebencanaan di pesantren.

BAZNAS Tanggap Bencana Gelar Aksi Bersih-bersih Sungai di Kabupaten Cianjur

Tim BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Barat melakukan kegiatan susur sungai bersama warga di Sungai Ciembe, Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Aksi bersih-bersih sungai itu dilakukan pada Minggu, (21/3) serta dihadiri Tim BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Barat, Kades dan Jajaran Desa Sukataris, BABINSA, Ketua RW 06, beberapa Ketua RT, Karang Taruna, dan warga setempat.

Kegiatan susur sungai ini bertujuan untuk menjaga kebersihan sungai, ekosistem, dan pencegahan bencana banjir mengingat bencana banjir dan penumpukan sampah sterofoam yang pernah melanda Desa Sukataris.

Antusiasme tinggi ditunjukkan tokoh masyarakat dan warga sekitar dalam melakukan kegiatan susur sungai ini. Diharapkan dapat membangun semangat warga untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat Melakukan Penanaman Pohon Demi Lestarikan Alam di Majalengka

Tim BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Barat melakukan kegiatan Talenta (Tanam pohon, lestarikan, dan cintai alam) di Desa Sadawangi, Kecamatan Lemah Sugih, Kabupaten Majalengka, pada Sabtu (20/3).

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (19-20/3) yang dihadiri tim BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Barat dan Kabupaten Majalengka, camat, dan kades Lemah Sugih, kades Sadawangi, BABINSA, BABINKAMTIBNAS, Karang Taruna Kecamatan Lemah Sugih, dan unsur masyarakat.

Lokasi penanaman pohon dibagi menjadi tiga lokasi yaitu, di Kantor Kecamatan Lemah Sugih, TPU Pasir Geo, dan Bumi Perkemahan Dayeuh Luhur, Kabupaten Majalengka.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga habitat, ekosistem alam, dan mencegah bencana longsor yang pernah terjadi di Desa Sadawangi tahun 2018 lalu. Kegiatan bersama tersebut tidak hanya diisi dengan penanaman pohon saja, namun juga diisi dengan sharing season bersama Tim BAZNAS Tanggap Bencana Kabupaten Majalengka tentang pengetahuan kebencanaan.

BAZNAS Tanggap Bencana Adakan Pelatihan Bersama Water Rescue

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Tim BAZNAS Tanggap Bencana melakukan latihan internal bersama dengan amilin BAZNAS RI di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu dan Kamis (17-18/3).

Sebanyak 33 peserta mengikuti acara itu yang terdiri dari unsur tim BAZNAS Tanggap Bencana Pusat, relawan, dan amilin BAZNAS RI.

Pelatihan itu diselenggarakan di pinggir danau yang berada di Buperta Cibubur, yang bertujuan untuk melatih kesiapan tim BAZNAS dalam melayani korban terdampak bencana, khususnya banjir yang kerap melanda negeri. 

Latihan bersama tersebut tidak hanya diisi dengan kegiatan teknis penyelamatan, namun juga dengan penguatan rohani dan bekal mental para penolong.

Kegiatan penguatan rohani diisi rekan-rekan dari Mualaf Center BAZNAS (MCB), sedangkan untuk teknis penyelamatan korban disampaikan tim BAZNAS Tanggap Bencana RI.

Teknis penyelamatan yang diberikan seputar pengenalan alat-alat yang digunakan, pertolongan pertama pada korban tenggelam, menolong korban di dalam air, mengoperasikan perahu karet dan perahu bermesin.

Kegiatan ini diharapkan semua elemen BAZNAS akan siap dan bersiagan dalam melayani penyintas bencana.

BAZNAS Tanggap Bencana Kembali Latih Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet Jakarta

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, kembali mempercayakan tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) dalam melatih relawan baru untuk pemulasaran jenazah Covid-19, Selasa (16/3).

Tim BAZNAS Tanggap Bencana memberangkatkan dua orang, yakni Wakil Kepala BTB Taufiq Hidayat dan Staf Respons Irfan Fauzi sebagai narasumber. Keduanya memberikan arahan sekaligus bagaimana praktek langsung mengurus jenazah Covid-19 yang benar sesuai dengan protokol kesehatan dan sesuai dengan hukum syariahnya.

Sementara itu, dari pihak RS Darurat Covid-19 (RSDC) langsung dikomando oleh penanggung jawab RSDC Letkol. drg. Arifin dan penanggung jawab pemulasaran di RSDC, Kapten CKM Mustain.

Ada 10 relawan baru yang dilatih tim BAZNAS Tanggap Bencana sebagai relawan yang nantinya akan bertugas menggantikan relawan sebelumnya. Relawan ini berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Pelatihan tersebut berlangsung hanya satu hari penuh dari pagi hingga sore hari dengan materi seputar pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) yang benar dan sesuai dengan protokol kesehatan, tata cara pengurusan jenazah dalam syariah dan atau yang meringankannya/pengecualiannya.

Tim BAZNAS Tanggap Bencana sudah beberapa kali mengadakan pelatihan di RSDC sebagai tim yang memang khusus untuk memberikan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19.

BAZNAS Tanggap Bencana Dirikan Hunian Sementara bagi Penyintas Banjir di Kalimantan Selatan

Banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan pada awal tahun 2021 menyebabkan banyak pekerjaan rumah bagi pemerintah dan seluruh stakeholder terkait revitalisasi. 

Berbagai kegiatan masih berlangsung hingga kini untuk membantu pemulihan, mulai dari pemulihan infrastruktur, sarana dan prasarana umum, rumah warga, sampai dengan psikis para penyintas banjir.

BAZNAS Tanggap Bencana Kalimantan Selatan termasuk lembaga yang turut aktif dalam proses revitalisasi ini. Layanan yang diberikan BAZNAS dalam masa pemulihan ini salah satunya dengan membantu mendirikan hunian sementara (huntara) untuk para penyintas terdampak.

Sebagai langkah awal, BAZNAS Tanggap Bencana Kalimantan Selatan membangun 24 unit bangunan hunian sementara di Desa Alat, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Dengan adanya hunian sementara ini, diharapkan masyarakat setempat dapat bangkit dan hidup seperti sediakala. 

BAZNAS Dirikan Huntara untuk Penyintas Banjir di Kalimantan Selatan

Jakarta (15/3/2021). Banjir besar yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan di awal tahun 2021 lalu menyebabkan banyak sekali pekerjaan rumah bagi pemerintah dan seluruh stakeholder terkait bencana yang terjadi. Hampir seluruh kabupaten di Kalimantan Selatan terdampak banjir dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.
Berbagai kegiatan masih berlangsung sampai dengan hari ini untuk membantu pemulihan di Kalimantan Selatan. Mulai dari pemulihan infrastruktur, sarana dan prasarana umum, rumah warga, sampai dengan psikis para penyintas banjir. BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu dari elemen pentahelix dalam penanggulangan bencana termasuk lembaga yang memainkan peranan penting. Layanan yang diberikan BAZNAS dalam masa pemulihan ini salah satunya yaitu dengan membantu mendirikan hunian sementara (huntara) untuk para penyintas terdampak. Sebagai langkah awal, BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Kalimantan Selatan membangun 24 unit bangunan hunian sementara di Desa Alat, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Ukuran hunian sementara itu Hunian sementara ini juga mendapat dukungan dari lembaga-lembaga dan atau donasi perorangan yang dimanahkan kepada BAZNAS Republik Indonesia. Semoga dengan bangunan hunian sementara masyarakat khususnya penyintas di Kalimantan Selatan dapat melanjutkan hidupnya dengan baik.

BAZNAS Tanggap Bencana Bangun Hutara dan Distribusikan Paket Bantuan kepada Penyintas Gempa Sulbar

Gempa bumi yang melanda Mamuju, Majene, dan sebagian Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada awal tahun 2021 masih menyisakan luka bagi para penyintas. Termasuk beberapa pekerjaan rumah untuk membantu para korban penyintas terdampak bencana. Masih banyak penyintas yang membutuhkan perhatian untuk bangkit dari dampak yang menimpa mereka. Tentunya dengan dukungan dari berbagai pihak diharapkan para penyintas tersebut dapat terus melanjutkan hidup dengan baik.

Tim BAZNAS Tanggap Bencana yang hingga kini masih memberikan layanan untuk penyintas yang terdampak gempa tersebut semaksimal mungkin mendukung mereka untuk bangkit. Layanan yang sampai saat ini masih diberikan seperti hunian sementara, mck darurat, dan kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya. Salah satu dukungan yang baru-baru ini dilakukan adalah dengan mendistribusikan paket yang diperuntukkan bagi keluarga yang tinggal di hunian sementara yang dibangun oleh BAZNAS, pada Senin (8/3). Hunian sementara itu sekarang telah berdiri 20 unit untuk satu keluarga yang ada di Dusun Parung-Parung, Majene.

BAZNAS Tanggap Bencana terbentuk di Provinsi Jambi

Jakarta (8/3/2021). BAZNAS Provinsi Jambi membentuk tim untuk penanggulangan bencana yang melibatkan 50 personel relawan. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari, dari 3 sampai 4 Maret 2021 di Hotel Shang Ratu, Jambi.

Relawan-relawan BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jambi tersebut sebelumnya mendapatkan pelatihan dasar-dasar manajemen bencana yang disampaikan oleh narasumber kompeten di bidangnya, seperti BPBD Provinsi, Basarnas, dan PMI Provinsi Jambi.

Pelatihan tersebut juga berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat seperti tetap memakai masker, menjaga jarak, dan selalu rajin mencuci tangan.

Materi-materi yang disampaikan seperti Dasar-dasar Manajemen Bencana, Pertolongan dan Pencarian Korban, Pertolongan Pertama, Teknik Dokumentasi Bencana, Kaji Cepat dan Simulasi. Selain narasumber eksternal yang memberikan materi, BAZNAS Tanggap Bencana Pusat juga turut memberikan materi-materi yang dibutuhkan oleh para relawan ketika turun ke lapangan.

Materi-materi yang diberikan dari pusat seperti teknik dokumentasi, kaji cepat, dan teknik assessment di lokasi bencana. Semoga semakin menguatkan nilai-nilai zakat di tengah-tengah masyarakat Indonesia melalui syiar BAZNAS Tanggap Bencana.

BAZNAS TANGGAP BENCANA BERIKAN LAYANAN UNTUK PENYINTAS BANJIR DI KAB. BEKASI

Jakarta (26/2/2021). Hujan yang turun terus menerus dengan intensitas yang cukup tinggi pada tanggal 19-20 Februari 2021 menyebabkan debit air di Sungai Citarum mengalami peningkatan. Peningkatan debit air tersebut mengakibatkan beberapa kecamatan di Kab. Bekasi terendam banjir. Banjir tersebut merendam ratusan rumah dan puluhan hektar lahan pertanian warga yang ada.
Merespon kejadian tersebut, tim BAZNAS Tanggap Bencana Kab. Bekasi yang telah siap dengan perahu karet dan perlengkapan lainnya segera berangkat ke lokasi terdampak untuk memberikan layanan evakuasi bagi warga yang terdampak (20/2/2021). Kemudian dengan dibantu oleh BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Jawa Barat yang hadir di lokasi juga sangat membantu untuk memberikan layanan kepada penyintas yang terdampak. Layanan lain selain evakuasi yang diberikan adalah layanan kesehatan, distribusi makanan siap saji, distribusi logistik kebutuhan pengungsi, dapur umum, dan dapur air hangat untuk para pengungsi dan relawan.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by
izmir escort bayan alsancak escort izmir eskort buca escort escort ankara manavgat grup escort escort manavgat lara escort bayan izmir eskort partner izmir escort kadınlar izmir escort kızlar izmir eskort karsiyaka escort