Pelatihan Fasilitator KATANA & MANTAB

Upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) terus digalakkan oleh BAZNAS Tanggap Bencana, salah satunya yaitu dengan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Fasilitator Kampung Tanggap Bencana (KATANA) dan Madrasah Aman Tanggap Bencana (MANTAB) pada tanggal 8 – 10 Agustus 2018 yang berlokasi di daerah Lembang Bandung dan Kab. Subang, Jawa Barat.

Kegiatan ini digelar untuk mendukung giat-giat nyata dalam upaya PRB yang memang menjadi salah satu perhatian khusus dari BAZNAS Tanggap Bencana. Pelatihan yang digelar selama 3 hari dua malam ini memberikan petunjuk-petunjuk khusus dan pelaksanan teknis tentang bagaimana cara membentuk masyarakat atau komunitas desa dan sekolah menjadi komunitas yang nantinya diharapkan menjadi komunitas yang tanggap dan tangguh ketika menghadapi bencana.

Diharapkan masyarakat, baik komunitas maupun sekolah memiliki disaster awareness sehingga menjadi masyarakat yang tanggap dan tangguh menghadapi bencana, jelas Efri S. Bahri, Mentor Pelatihan Fasilitator KATANA dan MANTAB.

Materi-materi yang diberikan adalah materi terapan yang dapat langsung diaplikasikan oleh peserta menjadi kerja-kerja teknis maupun strategis. Materi tersebut antara lain, mengenali risiko dan ancaman bencana, kerelawanan, peta ancaman dan peta evakuasi bencana serta rencana aksi komunitas. Tidak lupa peserta juga dibekali dengan materi tentang ke-BAZNAS-an dan BAZNAS Tanggap Bencana sebagai dasar untuk melakukan kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah nantinya peserta dapat memaksimalkan peran mereka sebagai fasilitator, baik KATANA maupun MANTAB yang dapat melibatkan instansi/stakeholder terkait di dalam pembentukkannya. Evaluasi dan kegiatan monitoring juga dianggap sebagai hal yang harus dilakukan dalam setiap rencana aksi komunitas yang memiliki target-target yang jelas dan terukur.

Kegiatan ini ditutup dengan kunjungan kerja ke kampung tanggap bencana bentukan BAZNAS Tanggap Bencana yang ada di Kampung Sukamukti Desa Sukakerti Kec. Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat. Di desa ini para peserta fasilitator dapat melihat bentuk visualisasi bentukan Kampung Tanggap Bencana (KATANA) dan berbagi cerita dengan para penduduk/warga yang menginisiasi terbentuknya KATANA tersebut.

1
Assalamu'alaikum,
Bagaimana kami bisa membantu Anda?
Powered by